Subscribe:

Ads 468x60px

Pages

Jumat, 01 Juni 2012

Manusia dan Siksaan


Gw akan menceritakan sebuah pengalaman hidup yang berhubungan dengan siksaan. Sebelum gw cerita, apa sih siksaan itu? Iya, menurut gw siksaan itu adalah hal yang menyebabkan orang lain sakit, luar(fisik) ataupun dalam (hati). Cerita ini adalah pengalaman gw, tolong abil sisi positifnya aja.
       
        Lo mungkin lebih beruntung dari gw, lo punya orang tua yang baik perhatian sama lo, bercanda bersama, wow nikmat sekali. Jelas lah, masa kecil lu amat bahagia kan? Haha
                Justru gw kebalikan dari hidup lu, kelam masa kecil gw, rumah adalah penjara gw. Gw ngga menikmatinya sama sekali.
                Hidup gw penuh dengan siksaan, terutama siksaan fisik. Emang sih dia melakukan itu bukan karena dia ingin, tetapi emang gw anaknya bandel. Over banget istilah kerennya.
                Itulah Ibu gw. Gw selalu mendapatkan siksaan darinya. Selalu? Iya selalu, karena gw selalu mengulangi kesalahan  yang pernah gw lakukan sebelumnya.
                Botol, sering gw hancurin. Vas bunga, wah jangan ditanya. Bahkan gw pernah ngebongkar radio kesayanyan bapak gw, dan ngga bisa masangnya lagi. Banyak deh kenakalan yang sering gw lakuin. Dan setiap gw ngelakuin kesalahan itu, gw pasti diberikan bonus pukulan dari benda – benda yang ada di rumah gw. Sapu, remot TV, spatula, semuanya udah pernah gw cobain. Hahaha
                Wajar kah? Mungkin menurut lo itu wajar. Jelas lah, itu karena gw bandel. Gw tau kok maksud dia ngelakuin itu buat apa. Pasti itu sebuah pendidikan ke gw, supaya gw ngga ngelakuin kesalahan itu lagi. Nah pertanyaannya? Apakah harus dengan cara itu?? Toh buktinya gw makin menjadi anehnya. Iya semua itu ngga mempan ke gw. Malahan itu semua membuat gw tertantang untuk melakukan kesalahan yang lebih hebat dari yang tadi. Itulah gw.
                Siksaan itu fisik itu biasa. Gw kuat men sama siksaan itu, hahahaha. Ada sebuah siksaan yang membuat gw bingung, kesel , galau, macem – macem deh.  Itu sebuah “siksaan Bathin”. Seolah – olah gw lemah tak berdaya terkena serangan itu.
                Begini ceritanya. Waktu itu gw masih sekolah SMA entah kelas 1 atau 2, gw lupa. Kejadian ini ketika shalat tarawih pada pertengahan malam di bulan Ramadhan.
                Gw shalat tarawih di mushola depan rumah gw. Seperti biasa gw shalat isya berjamaah terlebih dahulu. Gw khusyuk menjalankan shalatnya dilanjut dengan ceramah tarawih seperti biasa.
                Pada saat inilah (ceramah) gw ngga konsen lagi dengan materi ceramah yang diberikan. Kenapa? Mulai terdengar suara bising tepat dibelakang gw. Mungkin suaranya terdengar ke seluruh penjuru muhola, karena mushola ini ngga terlalu luas dan suasana di mushola sunyi.
                Shaf gw tepat didepan shaf cewe, shaf hanya dibatasi oleh kain berwarna hijau dari ujung kanan sampai kekiri. Gw hapal suara itu, karena setiap hari gw mendengarnya. Iya, itu suara ibu gw.
                Kebisingannya itu mulai menjadi  sampai - sampai bapak yang duduk disamping gw itu bilang ke gw, “ibu yang dibelakang itu berisik banget sih”. Perkataannya gw bales dengan senyuman aja. Karena gw malu, yang berisik itu adalah ibu gw.
                Setelah shalat tarawih gw langsung pulang. Ternyata ibu gw belum datang. Gw beres beres sambil nyimpen baju koko gw di kamar. Ketika keluar kamar, ibu gw baru datang. Gw samperin dia, gw mencoba untuk mengingatkannya.  Inilah isi percakapannya:

Gw : Mah tolong kalo di mushola suaranya pelanin sedikit, takutnya jamaah yang lain menjadi terganggu.  (nada pelan)
Ibu : kalo mamah diem aja, mamah disangka sombong sama temen – temen mama. (sedikit ngotot)
Gw : tapi mah, ngobrol itu ada tempatnya. Dan mushola bukan tempat untuk ngobrol.

Setelah percakapan itu ibu gw ngelakuin hal yang gak gw sangka. Apa itu?? Dia nampar gw. Tamparannya siih ngga sakit, inget cuy masalah fisik gw mah kuat. Tamparan itu seperti santet yang ngga keliatan memarnya, tapi menusuk didalam.
                Setelah itu reaksi galau, bingung, dan kesal pun muncul. Banyak pertanyaan pada saat itu. Kenapa?? Apa salah gw?? Apa gw salah ngomong kaya gitu?? Apa suara gw terlalu keras sampai –sampai ibu gw marah?? Ngga aah tadi gw ngomong pelan kok…..
                Timbulah rasa galau berkepanjangan. Gw makan inget itu, gw mandi inget itu, gw tidur inget itu, bahkan pas gw main game pun masih kebayang masalah itu. Sungguh dampak yang mengerikan.
                Sampai suatu hari dimana rasa galau, bingung, dan kesal itu hilang. Hari itu adalah Idul Fitri. Ketika hari itu ibu gw ngelakuin hal yang gak gw sangka lagi. Kebalikan dari yang kemaren itu, ibu gw langsung meluk gw sambil nangis dan meminta maaf.
                Gw galau untuk yang kedua kali pada saat itu. Maafin atau ngga yah?? Dan akhirnya gw memutuskan untuk maafin dia. Serasa beban 10 ribu ton yang ada dipundak gw ilang semua. Hahaha amat gembiranya gw.
                Ternyata ibu gw bijaksana dan tanggung jawab juga ya. Apakah akan bersikap seperti itu selamanya? itu ucapan yang ada dihati gw, sambil tersenyum  menatap sang ibu.
                Tak menunggu lama pertanyaan itu pun langsung terjawab. Ibu gw mendadak Alim setelah itu. Subhanalloh, dia bisa berubah! Ilham apa yang Alloh berikan kepadanya sampai – sampai berubah menjadi seperti itu? Nah itulah pertanyaan yang sampai sekarang belum terjawab dan gw ngga perlu tau jawaban dari soal ini. Tapi yang jelas,  gw sangat bahagia. J

0 komentar:

Posting Komentar